ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN

APAKAH YANG DIMAKSUD SHARED HOSTING ?

Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah.Sementara Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh 1 account (atau 1 website, 1 klien) saja. Keuntungannya adalah performa dan privasi yang lebih baik, karena server tidak dipakai oleh pihak ketiga. Terdiri dari Colocation (di mana mesin disediakan oleh klien sendiri dan ditaruh di data center penyedia hosting) dan Dedicated Server (di mana mesin disediakan oleh pihak penyedia hosting).

SEBUTKAN PERBEDAAN DARI DS, VPS, SHARED HOSTING !

Ketika memutuskan untuk menyewa layanan web hosting Anda pasti sering mendengar tentang Cloud Hosting, Virtual Private Server (VPS) dan Shared Hosting. Penyedia layanan hosting biasanya menawarkan ketiga layanan itu di halaman website mereka. Cloud Hosting, VPS, maupun Shared Hosting mempunyai perbedaan cukup signifikan.

SHARED HOSTING

Shared hosting adalah layanan paling populer untuk pengguna yang sedang membangun website pertama mereka dengan cakupan yang masih kecil.Shared hosting digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Para pengguna layanan shared hosting tersebut berbagi resource & kapasitas server bersama-sama.Jika diibaratkan, menggunakan layanan shared hosting seperti menyewa sebuah apartemen –apartemen adalah server fisik. Semua penghuni berbagi di bangunan yang sama; berbagi elevator, tangga, parkir mobil, dan tempat sampah. Jadi ketika salah salah penghuni apartemen menggunakan fasilitas yang berlebihan dapat mengganggu penghuni lainnya.Shared hosting merupakan pilihan layanan yang paling murah dan paling ekonomis. Namun tentu saja banyak batasan yang harus Anda terima ketika menggunakan shared hosting.

VIRTUAL PRIVATE SERVER (VPS)

Virtual Private Server (VPS) adalah tipe web hosting yang sumber dayanya berasal dari satu server fisik, yang kemudian terbagi lagi menjadi beberapa server virtual yang lebih kecil. Masing-masing server virtual berjalan seperti dedicated server.VPS mirip dengan shared hosting. Perbedaan antara keduanya terletak pada pembagian sumber daya yang tersedia. Ketika Anda menggunakan layanan VPS, sumber daya VPS tersedia khusus hanya untuk Anda; tidak terpengaruh oleh pengguna lainnya. Jadi Anda dapat menyesuaikan konfigurasi persis sesuai dengan keinginan Anda.Jika dianalogikan, menggunakan layanan VPS seperti Anda menyewa rumah di perumahan. Anda bertanggung jawab untuk mengelola isi dan segala perabotannya, termasuk melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan perabotan. Namun Anda masih tinggal bersama penghuni rumah lain di dalam satu perumahan yang sama.

DEDICATED SERVER

Dedicated server adalah penyewaan satu server secara utuh tanpa dibagi dengan user yang lain, sehingga hanya Anda sendiri yang menempati dan menggunakan dedicated server tersebut. Anda berkuasa penuh atas pengelolaan dedicated server tersebut termasuk pemilihan sistem operasi, hardware, dan sebagainya. Namun anda tidak perlu repot untuk melakukan instalasi dan penyediaan hardware lainnya, karena kami menyediakan support untuk instalasi software tersebut sehingga siap digunakan. Sementara Virtual Server Adalah layanan yang mirip dengan Dedicated Server, Namun tidak memiliki fisik server, karena di bangun menggunakan teknologi virtual dari dedicated server.Dedicated Server akan menjadi satu-satunya pilihan ketika bisnis / usaha atau situs anda berkembang dengan baik. Traffic pengunjung yang semakin bertambah akan menuntut power lebih dari server yang melayaninya. Kami menawarkan layanan ini dengan pilihan spesifikasi dan harga bertingkat sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda, sehingga Anda tetap bisa menggunakan layanan secara optimal.

SEBUTKAN KEKURANGAN SHARED HOSTING

  • Karena banyak website berjalan di server yang sama, terkadang menyebabkan akses lambat.
  • Terdapat banyak batasan penggunaan dan sumber daya.
  • Karena server digunakan bersamaan, jika salah satu pengguna menyebabkan gangguan atau overload, pengguna lain di server yang sama berpotensi terkena dampak gangguan.

APAKAH YANG MEMPENGARUHI HOSTING

Dunia telah tumbuh menjadi ruang di mana semua orang menginginkan segalanya secara instan. Tidak ada yang mau menghabiskan waktu menunggu situs web memuat dengan kecepatannya. Kecepatan memuat website dengan cepat dan baik dipenuhi faktor lebih banyak keterlibatan, konversi, dan pengalaman pengguna yang lebih tinggi. Yang terpenting, Google juga menambahkan kecepatan memuat halaman ke rangking secara algoritma dan saat ini kriteria tersebut ternyata merupakan kata kunci di dunia SEO.

Meskipun algoritma Google ini telah ada selama hampir setengah dekade sekarang, bahkan sekarang ada banyak saran tidak lengkap atau tidak akurat terkait dengan kecepatan halaman. Namun, banyak ahli percaya bahwa web hosting adalah salah satu aspek yang paling diabaikan terkait dengan kecepatan memuat halaman.  Berikut dampak dari web hosting pada kecepatan memuatnya.

  • Dampak di Dunia Nyata

Kenyataannya, keuntungan meningkatkan kecepatan memuat halaman seringkali berlebihan tetapi ada beberapa manfaat yaitu mempercepat memuat halaman website Anda.

  • UX

Dampak bahwa aspek kecepatan memuat laman ini terhadap pengguna mungkin jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan dampak peringkat di Google. Beberapa penelitian telah mendokumentasikan dampak terhadap pengalaman pengguna dan hal ini menunjukkan bahwa kecepatan memuat halaman yang lambat menyebabkan tingkat konversi berkurang terutama dalam kasus situs e-commerce. Peningkatan dalam tingkat konversi mungkin sangat penting bagi reseller besar, namun situs dengan traffic yang kurang mungkin mengalami penurunan keuntungan sangat kecil.

  • SEO

Kecepatan memuat laman di situs web Anda dapat memengaruhi peringkat Google untuk sebagian besar. Alasannya karena hal ini adalah bagian dari mesin pencari terbesar dan pembaruan algoritma Google terbaru. Namun, tidak begitu jelas sejauh mana faktor ini dianggap sebagai kriteria peringkat dalam optimasi mesin pencari.

SEBUTKAN DAMPAK SHARED HOSTING KENA HACK

1. Password Kurang Kuat

Ini nih salah satu alasan yang paling sering dilakukan oleh user yaitu password yang digunakan kurang kuat. Ibarat kunci dan gembok, username dan password merupakan akses pintu utama. Siapapun bisa masuk ke dalam website apabila username dan password sudah diketahui. Begitu pula dengan para hacker yang bisa melakukan scanning terhadap password atau biasa disebut “bruteforce password”. Hacker akan melakukan scanning password berdasarkan wordlist yang ada. Untuk itu, pastikan kalau password kamu nggak mudah ditebak oleh siapapun. Selalu gunakan kombinasi huruf, angka serta spesial karakter. Ada beberapa cara lagi yang bisa dilakukan untuk menambah kekuatan password kamu lho. Silahkan baca di Tips dan Trik Agar Password Aman. Oiya, selain itu jangan pernah menggunakan username default yaa seperti “admin” atau “admin123”.

2. Plugin dan Tema Sembarangan

Plugin dan tema atau biasa disebut template website memang menjadi daya tarik tersendiri. Di beberapa CMS seperti WordPress, plugin dan tema memang menjadi prioritas. Plugin merupakan suatu fungsi yang dibuat oleh pihak ketiga untuk memperindah website. Ada beberapa plugin yang bisa kamu pasang di website WordPress, silahkan baca 6 Plugin Gratis Yang Wajib Kamu Miliki! Begitu juga dengan tema, ada banyak tema/template gratis ataupun berbayar yang beredar di dunia maya. Nah, plugin dan tema ini bisa menjadi alasan penyebab website kamu di hack lho! Untuk itu, pastikan kamu menggunakan plugin dan tema resmi, jangan lupa untuk selalu lakukan update dan selalu pasang plugin security ya!

3. Tidak Pernah di Upgrade

Sama halnya seperti plugin dan tema, CMS nya pun kalau tidak pernah diupgrade juga menjadi sasaran empuk hacker. Pastikan CMS kamu baik itu WordPress, Prestashop, Drupal, Joomla atau OpenCart selalu dalam versi terbaru. Mengapa website kamu harus diupgrade? Tim pengembang CMS biasanya menemukan bug atau vulnerability (celah) yang dapat membahayakan website, untuk itu mereka merilis versi terbarunya. Pastikan selalu lakukan upgrade ketika ada versi terbaru ya! DomaiNesia punya tips mengamankan WordPress kamu lho! Yuk baca Tips Mengamankan WordPress.

4. Server Abal- Abal

Sebagai pondasi utama dalam berdirinya sebuah website, server merupakan hal yang penting. Baik Hosting ataupun VPS, memiliki peran penting dalam menjaga website dari serangan hacker. Jika pondasi utamanya sudah kokoh dan kuat, maka tentu saja hacker akan susah masuk dan menguasai segalanya bukan? Maka dari itu, pastikan website kamu tersimpan di Hosting yang memiliki spesifikasi dan teknologi tinggi. Hosting juga dia harus dilengkapi dengan kemanan yang lebih. Seperti halnya DomaiNesia yang memiliki teknologi CloudFlare dan Patchman di setiap servernya. Apa itu Patchman? Bagaimana Patchman Menumpas Habis Malware di Hosting? Cek aja Tumpas Habis Malware dengan Patchman!

Pengen tahu teknologi Hosting di DomaiNesia? Cek aja Hosting Murah Indonesia

5. Kurangnya Security Awareness

Kesadaran akan security/ keamanan website memang dibutuhkan oleh setiap orang. Baik pemula maupun yang sudah ahli pun harus selalu sadar dan up to date mengenai malware terbaru. Hosting di DomaiNesia sudah dilengkapi dengan teknologi Patchman yang akan memberitahukan beberapa malware atau vulnerability (celah) yang ada di website. Jadi hal- hal yang menjadi sasaran empuk hacker dalam menyerang website, akan dikirimkan melalui email kamu. Memang ada banyak istilah yang terdengar asing, namun apa salahnya untuk mencoba menggali informasi mengenai celah atau malware tersebut. Apa sebenarnya malware? Bagaimana malware tersebut bisa masuk ek website? Apa celah dalam website saya? Dan sebagainya. Untuk urusan selanjutnya, jangan ragu untuk menghubungi Tim Support DomaiNesia! Kami akan senantiasa membantu agar website anda aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *